30 Maret 2024 6:57 pm

TAUKAH KAMU APA FUNGSI DARI SLOT ANEH PADA LAPTOP INI? - Rimas Laptop Bintaro

TAUKAH KAMU APA FUNGSI DARI SLOT ANEH PADA LAPTOP INI? - Rimas Laptop Bintaro
Jika kamu teliti pada laptopmu, kamu mungkin akan menemukan sebuah lubang aneh yang terdapat pada laptop kamu, Namun taukah kamu lubang apakah ini dan apa fungsinya?Lubang ini sebenarnya adalah Slot Kensington Security, Slot ini sendiri dipatenkan untuk tujuan komponen sistem keamanan anti-pencurian yang dipasarkan oleh Kensington Computer Products Group.
Desain asli dari slot ini sudah dipatenkan oleh merek Kryptonite pada tahun 1999.
The Kensington Slot terdiri dari sebuah lubang logam yang terdapat pada perangkat dan pengait silinder yang melekat pada kabel logam yang dilapisi dengan lapisan karet. Pengait tersebut terhubung ke slot dan terkunci rapat menggunakan kombinasi tombol atau nomor. Sementara ujung kabel yang lain dapat dipasang pada setiap objek yang dapat bergerak seperti meja atau benda lain.
Biasanya, bagian casing perangkat portabel terbuat dari semacam bahan plastik. Seseorang bisa saja mengambil kunci dari perangkat kamu tanpa menyebabkan kerusakan. Dan The Kensington Slot berfungsi sebagai lapisan tambahan keamanan untuk mencegah perangkat dari pengutil.

Cara Menggunakan Kensington Lock
Cara penggunaannya sangatlah mudah dan tidak memakan banyak waktu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama tancapkan jangkar Kensington Lock ke lubang “K Lock” laptop
  • Kemudian lilitkan kabel pada objek yang berat atau susah digerakkan seperti kaki meja

Lantas, kenapa K-Slot ini bisa begitu nampak luar biasa? Untuk menjawabnya, kita lihat beberapa komponen yang terdapat di dalamnya, diantaranya:
Kepala Kunci yang Tahan Lama
Dikenal juga dengan sebutan “jangkar” yang tertanam di dalam lubang kunci laptop kita, bagian ini memiliki mekanisme yang begitu kuat, tak mudah lepas, dan tak mudah putus sehingga sulit dihancurkan hanya menggunakan tangan kosong.

Tapi selalu ingat untuk membeli Kensington yang asli agar sistem penguncian T-Bar miliknya sesuai dengan standar internasional.

Sebaliknya, membeli jenis yang abal-abal atau palsu bisa saja mudah untuk dipatahkan atau terlepas meskipun hanya dengan sekali atau dua kali tarikan saja secara paksa. Oleh karena itu, sebaiknya riset terlebih dahulu sebelum membeli.

Tombol Tekan yang User Friendly
Sistem keamanan ini memang akan menyusahkan calon pencuri, tapi tidak bagi kita sebagai pemiliknya!

Pasalnya, alat ini memiliki tombol tekan yang mudah digunakan sebagai bagian dari mekanismenya, sehingga memasang dan mencabutnya tak akan membuat kamu kehilangan banyak waktu.

Sekali kamu berhasil memasangkannya, kunci akan terus menempel di dalam slot K laptop atau notebook tanpa bisa diganggu gugat oleh orang lain.

Kabel yang Kuat
Selain kepala kunci, kabel juga menjadi salah satu komponen paling penting demi menjaga laptop kita tak bisa dicuri orang lain.

Maka dari itulah, membeli Kensington yang asli sangat diwajibkan karena kekuatan kabelnya telah memenuhi standar keamanan internasional.

Kabel tersebut tak mudah untuk diputus atau dipotong dengan benda tajam karena dibangun dan dianyam menggunakan baja karbon, sekaligus terlindungi di dalam selonsong yang berselubung.

Menariknya, bahan dari kabel K-Lock tersebut tak terlalu mempengaruhi bobot beratnya, sehingga masih bisa kamu bawa-bawa kemanapun yang kamu inginkan.

Kunci Kombinasi Angka
Yang terakhir ini mungkin bisa menjadi opsional saja. Karena selain menggunakan kunci kombinasi, kamu masih bisa membuka Kensington dengan menggunakan kunci biasa seperti halnya yang tersemat pada pintu.

Kunci ini bisa kamu gunakan ketika lupa dengan angka kombinasi yang telah disetel. Jadi, pastikan untuk tidak disimpan secara sembarangan, apalagi sampai jatuh ke tangan para pencuri.

Itulah pengertian Kensington Lock beserta cara penggunaannya yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat!
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.