23 Maret 2024 11:56 am

PERBEDAAN RAM DAN VRAM PADA DESKTOP DAN LAPTOP - Rimas Laptop Bintaro

PERBEDAAN RAM DAN VRAM PADA DESKTOP DAN LAPTOP - Rimas Laptop Bintaro
Perbedaan RAM dan VRAM pada komputer dan laptop merupakan istilah yang perlu dipahami apabila Anda hendak membeli laptop atau merakit komputer. Keduanya merupakan memori yang terdapat pada PC atau laptop.

Meskipun memiliki nama yang hampir mirip, ternyata keduanya memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Sama halnya dengan istilah RAM dan ROM, meskipun terdengar mirip, namun fungsinya berbeda. Mengetahui perbedaan antara RAM dan VRAM penting agar Anda dapat memilih laptop atau merakit komputer dengan jumlah memori dan jenis memori yang sesuai dengan kebutuhan.

Pengertian RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM menyimpan data program aplikasi pada komputer, laptop saat perangkat dalam kondisi menyala. RAM juga berguna untuk menyimpan data dari aplikasi saat sedang digunakan. Pada saat perangkat dimatikan, maka data yang ada pada RAM akan dikosongkan sepenuhnya karena tidak ada aplikasi yang sedang berjalan.Secara awam, RAM dapat dipahami sebagai perangkat atau modul yang berfungsi agar komputer atau laptop tidak lemot. Semakin tinggi atau besar RAM, maka perangkat dapat beroperasi dengan mudah dan cepat. Kapasitas dari RAM juga bermacam – macam dan biasanya tersedia dalam besaran seperti 4GB, 16GB dan 32GB.

Pengertian VRAM

VRAM atau Video Random Access Memory adalah komponen memory yang terdapat pada graphic card atau VGA atau GPU yang memiliki fungsi mirip dengan RAM. Bedanya adalah VRAM dikhususkan untuk menyimpan data dari GPU yang berupa data – data grafis.VRAM akan bekerja dengan VGA untuk membantu mengolah dan memuat data, contonya seperti kita sedang bermain game. Besaran VRAM juga bermacam – macam dan biasanya tergantung pada tipe atau jenis GPU. Ada GPU yang memiliki VRAM  sebesar 8GB atau 16GB.

Perbedaan RAM dan VRAM pada Komputer

Setelah memahami pengertian dari RAM dan VRAM, Anda tentu sudah mendapat gambaran perbedaan antara RAM dan VRAM serta kegunaan dari masing – masing. Adapun secara lebih spesifik, perbedaan antara RAM dan VRAM adalah sebagai berikut:

Dari Segi Fungsi
RAM digunakan untuk menyumpan berbagai data komputasi yang sedang digunakan oleh komputer, misalnya saja data berupa aplikasi, game dan fungsi lainnya. Semakin besar RAM, Anda dapat menjalankan berbagai program secara bersamaan tanpa harus terasa lemot pada komputer atau laptop.

Sedangkan VRAM merupakan memori yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data grafis. VRAM lebih fokus menyimpan data-data tentang gambar dan berbagai visual lainnya yang ditampilkan pada layar komputer.

Dari Segi Bentuk
RAM biasanya berbentuk persegi panjang dan dipasang pada slot yang tersedia pada motherboard. RAM dapat dipasang secara satuan maupun sepasang, misalnya saja Anda dapat memasang satu keping RAM ukuran 16GB atau memasangnya sepasang 2x16GB sehingga total RAM yang Anda miliki adalah 32 GB. Biasanya jumlah maksimal keping RAM yang dapat dipasang tergantung pada motherboard yang digunakan.

VRAM memiliki bentuk kecil dan biasanya berupa kepingan berwarna hitam yang terdapat pada graphic card atau GPU.

Dari Sisi Upgradeable atau Tidak
Anda dapat mengganti jumlah RAM maupun melakukan upgrade RAM yang Anda miliki pada komputer atau laptop selama memungkinkan. Misalnya saja saat ini terpasang 2×16 GB RAM pada PC Anda dan masih terdapat sisa slot sebanyak 2 buah, maka Anda dapat menambahkan dua keping RAM lagi, misalnya 2x16GB RAM, sehingga total RAM di PC adalah 4x16GB RAM.

Sebaliknya jumlah VRAM tidak dapat di upgrade dan biasanya besarannya tergantung pada tipe dan jenis GPU yang Anda beli. Misalnya saja VGA jenis A memiliki VRAM sebesar 8 GB.

Demikian perbedaan antara RAM dan VRAM yang perlu Anda ketahui. Jadi kini Anda tidak bingung lagi ya saat hendak membeli laptop atau merakit komputer sehingga Anda dapat menentukan jumlah RAM dan VRAM yang dibutuhkan sesuai kebutuhan.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.