11 September 2023 3:32 pm

Cara Mengatasi Laptop Lemot - Rimas laptop Kelapa Gading

Cara Mengatasi Laptop Lemot - Rimas laptop Kelapa Gading
Laptop merupakan sebuah peralatan elektronik yang memiliki banyak sekali perangkat yang sensitif di dalamnya. Seluruh perangkat bisa bekerja dengan baik apabila Anda sebagai pengguna memperhatikan kondisi dari laptop dengan baik dan benar. ini tips beberapa cara mengatasi laptop lemot :
-

Bersihkan Cache Secara Berkala

Cache atau temporary files di dalam sebuah laptop harus dibersihkan secara berkala untuk membuat laptop menjadi lebih lancar. Bukalah File Manager, lalu klik kanan pada gambar di Harddisk Anda (seperti Drive C atau D). Klik Properties lalu arahkan kursor pada tab General dan pencetlah tombol Disk Cleanup untuk membersihkan cache dan temporary files yang menumpuk.

Gunakan Antivirus yang Ringan

Tidak sedikit program antivirus akan membuat kinerja dari laptop menjadi lebih berat. Pilihlah varian antivirus yang ringan dan tidak akan membebani laptop Anda. Sebagai contoh, saat ini Anda bisa menggunakan antivirus seperti Norton dan BitDefender yang enteng dan tidak memakan resources banyak ketika digunakan.

Gunakan Fitur Ready Boost pada Laptop

Cache laptop yang penuh merupakan salah satu masalah yang bisa membuat laptop menjadi lemot. Windows 7 memiliki sebuah fitur yang bernama Ready Boost untuk membantu laptop dalam mendapatkan cache tambahan supaya bisa berjalan lebih lancar. Anda membutuhkan sebuah flashdisk berukuran minimal 16GB yang sudah mendukung konektivitas USB 3.0 untuk bisa menjalankan fitur ini.

Matikan System Indexing yang Menyala

Berbeda dengan Windows 10, Windows 7 masih memiliki proses indexing software yang masih belum sempurna. Terkadang proses indexing tersebut bisa membuat laptop menjadi terbebani. Matikanlah fitur System Indexing pada Windows 7 Anda dengan cara membuka Start Menu dan mencari Services dengan menggunakan fitur search.
Jalankan Services dan carilah Windows Search pada kolom “Name” lalu klik dua kali. Setelah terbuka, terdapat tab yang bernama General dan Anda bisa mematikan fitur indexing dengan memencet tombol disable pada startup type.

Membersihkan Laptop Secara Berkala

Debu yang menumpuk terlalu lama dan menghambat aliran udara bisa membuat kinerja laptop menjadi lemot. Bersihkanlah laptop dari debu yang berada di dalam laptop secara berkala supaya laptop tidak panas dan menjadi lelet.

Menambah RAM pada Laptop

Pada beberapa jenis dan merk laptop, sudah disediakan sebuah slot RAM yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah RAM sendiri. Anda bisa menambahkan satu buah keping RAM tambahan pada laptop untuk membantu meningkatkan kinerja dari laptop. Semakin besar kapasitas RAM tentu lebih banyak program yang bisa Anda jalankan pada laptop tersebut.

Menggunakan SSD untuk Mempercepat Kinerja Laptop

Laptop lawas biasanya masih mengandalkan Harddisk SATA sebagai media penyimpanannya. Harddisk memiliki kepingan berputar pada bagian dalamnya yang memiliki kecepatan baca dan tulis yang rendah. Gantilah Harddisk tersebut dengan menggunakan SSD atau Solid State Drive supaya kinerja laptop bisa menjadi lebih meningkat karena media penyimpanan SSD tidak memiliki kompononen yang bergerak di dalamnya.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.