15 Mei 2023 9:45 am

BAGIAN BAGIAN LAPTOP BESERTA FUNGSINYA ! - RLKG

BAGIAN BAGIAN LAPTOP BESERTA FUNGSINYA ! - RLKG
-

Menjadi perangkat electronic dengan fitur modern yang bisa memudahkan pemakainya, laptop dilengkapi dengan beragam komponen hardware dengan perannya masing-masing. Apabila komponen-komponen itu bekerja secara baik, maka kamu bisa mengerjakan pelbagai rutinitas kerja dengan menggunakan laptop, dimulai dari mengetik, mengedit video atau foto, atau sebatas melakukan searching sampai video konferensi.Tetapi, tahukah kamu apa saja komponen hardware laptop yang perlu diketahui serta apa masing-masing kegunaannya. Simak dibawah ini tentang berbagai macam komponen hardware di laptop dan kegunaannya masing-masing.


Motherboard

-

Motherboard ini adalah bagian laptop yang juga sangat penting perannya. Fungsi dasar motherboard adalah sebagai tempat memasang perangkat-perangkat utama laptop, seperti chipset, prosesor dan lain sebagainya.Fungsi lain dari motherboard ini adalah sebagai pusat pengendali semua komponen atau bagian bagian laptop lain. Motherboard ini memiliki ukuran yang berbeda-beda untuk setiap merk laptop. Karena itu, motherboard satu laptop belum tentu cocok dengan motherboard laptop lain.

CPU atau Prosesor


-

Bagian paling penting dan utama dari perangkat komputer dan laptop adalah CPU (Central Processor Unit). CPU ini berperan sebagai otak dari laptop. Yang artinya segala sistem dan kerja yang dilakukan eh laptop dikontrol dari bagian ini.Secara spesifik, fungsi dari prosesor ini adalah sebagai perangkat yang bertugas untuk memproses data, melakukan perhitungan dan menjalankan perintah yang diberikan dari bagian lain seperti keyboard. Letaknya adalah di bagiab motherboard.Umumnya, ketika membeli laptop Anda akan mempertimbangkan jenis prosesor yang bisa dilihat dari label yang tertempel di bagian body laptop. Ada dua tipe prosesor yang umumnya ada pada laptop, yaitu prosesor dari Intel dan AMD. Jenisnya pun lebih bervariasi.

Layar LCD


-

Bagian selanjutnya dari laptop adalah layar LCD (Luquod Crystal Display). Fungsi dari bagian ini adalah untuk menampilkan gambar atau visual yang dihasilkan oleh graphic card (kartu grafis).Cara kerja LCD ini adalah dengan menerima sinyal dari graphic card melalui kabel LCD. Layar LCD ini memiliki berbagai tingkatan resolusi. Semakin tinggi resolusi, maka semakin bagus kualitas gambarnya.

Keyboard


-

Saat membuka laptop, selain layar LCD, keyboard adalah bagian lain dari laptop yang mendominasi. Keyboard ini adalah papan untuk mengetik yang tersusun dari huruf-huruf abjad, angka dan simbol-simbol. Fungsi dari papan ketik ini adalah untuk memasukkan perintah dan menginput data ke sistem laptop

Power AC/DC Adapter


-

Laptop menggunakan baterai sebagai sumber energi utamanya. Karena itu, layaknya perangkat dengan baterai lainnya, dibutuhkan perangkat tambahan yang berfungsi untuk mengisi daya baterai atau charging.Fungsi seperangkat power ac/dc adapter ini adalah sebagai power supply dari sumber listrik ke laptop. AC/DC adapter ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai penurun tegangan dari sumber listrik.
dari sumber listrik.

Baterai



-

Baterai ini adalah bagian yang juga berperan sangat penting pada laptop. Fungsi utama baterai pada laptop adalah untuk menampung daya dari sumber listrik untuk kemudian digunakan saat tidak terhubung ke sumber listrik.Bentuk dari baterai laptop ini sangat bervariasi dan bergantung pada perusahaan yang memproduksi laptop tersebut. Bahkan, saat ini sudah banyak merek laptop yang menggunakan jenis baterai tanam dengan kelebihan dan kekurangannya.

Hardisk


-

Hardisk atau juga dikenal sebagai hardrive ini adalah perangkat yang berfungsi sebagai penyimpanan data. Sistem operasi maupun mekanisme yang berkaitan dengan laptop serta informasi dan data akan disimpan pada bagian ini.Ada beberapa jenis hardisk yang sering digunakan pada laptop. Hardisk berjenis SSD (Solid State Drive) adalah hardisk dengan kecepatan transfer yang terbilang cepat. Karena itu harganya pun tinggi. Selain itu, ukuran hardisk pada setiap merek atau tipe laptop juga berbeda, dan pasti menjadi salah satu spesifikasi yang dipertimbangkan saat membeli laptop.

RAM (Random Access Memory)


-

Hampir sama dengan hardisk, Random Access Memory (RAM) ini fungsinya juga untuk menyimpan data. Namun data yang disimpan di dalam RAM ini sifatnya sementara. RAM ini juga memiliki ukuran yang bervariasi pada setiap laptop.Kapasitas RAM juga menjadi salah satu spesifikasi yang dilihat saat membeli laptop. Ini karena kapasitas RAM akan mempengaruhi kecepatan kerja dari laptop. RAM ini saat laptop dalam keadaan hidup digunakan sebagai kinerja prosesor laptop.

CPU Cooling Fan


-

Seperti namanya, bagian laptop ini berbentuk kipas dengan ukuran kecil. Fungsi dari komponen ini adalah untuk mengendalikan atau mendinginkan suhu prosesor. Terletak di board laptop. Dengan adanya cooling fan yang mengendalikan suhu laptop, maka laptop pun bisa bekerja lebih lama.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.