8 Mei 2023 4:29 pm

Fan Laptop Kalian Berisik ? ini dia Penyebab nya ! - Rimas Laptop Kelapa Gading

Fan Laptop Kalian Berisik ? ini dia Penyebab nya ! - Rimas Laptop Kelapa Gading
Kipas laptop Anda kadang berbunyi bising karena bergerak lebih cepat dari biasanya? Kalau suara kipas yang berbunyi berisik sesekali saja sih tidak mengganggu, namun jika suara tersebut konstan dan terus-menerus tentu saja sangat mengganggu bukan? Eit, jangan salah. Ternyata kipas laptop yang berisik tersebut merupakan pertanda bahwa laptop Anda sedang tidak baik-baik saja lho.

Penyebab Fan Laptop Kalian Berisik

1. Kipas Kotor 
Laptop yang sudah lama biasanya memiliki debu yang menyumbat kipas. Debu dan kotoran ini masuk dari celah-celah kecil pada laptop. Akibatnya, ia dapat memengaruhi kinerja kipas laptop sehingga kipas tidak bekerja optimal. Kipas memang masih tetap bergerak, namun tidak bisa mendinginkan laptop dan malah muncul suara dan menimbulkan kebisingan saat digunakan. 
2. Kipas Bekerja Ekstra Kipas Laptop yang sedang digunakan dan bekerja berat, misalnya sedang bermain game atau mengerjakan pekerjaan grafik seperti editing video, tentunya harus bekerja lebih keras dibanding biasanya. Hal ini mengindikasikan bahwa prosesor laptop bekerja lebih cepat dari kapasitas standarnya. Suhu laptop pun akan menjadi panas dan baling-baling kipas harus bekerja ekstra. Akibatnya, ia menimbulkan suara dan tingkat kebisinganyang cukup tinggi.
3. Kipas Rusak
Seiring dengan berjalanannya waktu, kipas laptop dapat menurun tingkat keoptimalannya. Perangkat keras laptop Anda, tidak terkecuali kipas laptop, bisa saja mengalamai kerusakan akibat sudah terlalu lama digunakan. Bisa jadi pula, jika Anda punya kipas laptop yang baru, kipas laptop yang kamu upgrade tidak pas saat dipasang.

Bagaimana Mengatasi Kipas Laptop Berisik

1. Tutup Apikasi Yang Tidak Terpakai
 Banyak kasus performa perangkat laptop yang melambat adalah akibat aktifnya sejumlah aplikasi tidak terpakai, tapi berjalan di latar belakang dan mengakibatkan kipas laptop menjadi bekerja keras dan berputar cepat yang mengaskibatkan kebisingan. 
2. Periksa Suhu Laptop
Aplikasi pengukur suhu laptop seperti Real Temp dapat mengukur suhu prosesor tanpa perlu membongkar laptop. Atau lebih mudahnya, Anda bisa mengecek hardware dan kinerja sistem laptop dengan membuka Task Manager atau dengan pintasan Ctrl+Alt+Del. Berikutnya, pilih 'Performa Tab' untuk melihat ruang penyimpanan, RAM dan prosesornya. Jika suhu laptop Anda mencapai 100% maka laptop perlu dirawat dan ditingkatkan hardware atau software-nya guys. Untuk menjaga agar kipas laptop bisa lebih awet kamu bisa mengunakan perangkat pendingin eksternal atau yang biasa disebut laptop cooler agar laptop tidak cepat panas
3. Defrag
Beban kerja prosesor atau perangkat hardware lain yang berat bisa mengakibatkan kipas laptop bekerja lebih keras. Defrag laptop secara rutin, misalnya sebulan sekali, dapat memelihara performa laptop dan memberikan penyegaran terhadap HDD dan RAM yang digunakan laptop. Percaya deh. Kalau data-data di dalam harddisk laptop Anda rapi, ia akan dengan mudah dan cepat melakukan loading data tersebut dan juga aplikasi lain, meringankan tugas mereka dan akhirnya tidak menimbulkan suhu yang semakin panas.
4. Bawa ke Pusat Servis
Setelah berbagai cara dilakukan untuk menghentikan bunyi kipas laptop tidak berhasil, mungkin hal ini disebabkan oleh hardware kipas yang terlalu parah. Pengguna laptop lebih baik menggunakan jasa servis dari teknisi ahli untuk membenarkan laptopnya yang bermasalah. Saat di pusat servis, Anda juga dapat mengganti kipas atau meng-upgrade hardware laptopnya. Kalian bisa mampir ke toko kami untuk permasalah seperti ini guys!
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.