24 Juli 2023 4:09 pm

Apa Perbedaan Chipset dengan Processor ? - Rimas Laptop Kelapa Gading

Apa Perbedaan Chipset dengan Processor ? - Rimas Laptop Kelapa Gading



Perbedaan Utama antara Chipset dan Prosesor

Sekarang, saatnya kita menyoroti perbedaan utama antara chipset dan prosesor. Ini penting untuk memahami fungsi masing-masing komponen ini dalam perangkat elektronik. Yuk, simak!

-

Fungsi dan Peran

  • Chipset : Chipset berfungsi sebagai pengatur utama dalam perangkat elektronik. Ia bertanggung jawab mengendalikan berbagai komponen dalam perangkat, seperti koneksi jaringan, audio, USB, dan lain sebagainya.
  • Prosesor : Prosesor bertanggung jawab untuk menjalankan instruksi, melakukan perhitungan, dan menjalankan aplikasi dalam perangkat. Ia menjadi pusat pemrosesan utama yang menentukan kecepatan dan kinerja perangkat.

Lokasi Fisik

  • Chipset : Chipset biasanya terletak di papan induk (motherboard) perangkat elektronik. Ia berada di sekitar prosesor dan berfungsi sebagai penghubung antara prosesor, memori, dan komponen lainnya.
  • Prosesor : Prosesor umumnya berada di dalam socket khusus di motherboard. Ia menjadi komponen utama yang terhubung langsung dengan motherboard dan berinteraksi dengan komponen lainnya.

Apa Itu Chipset ?

Jadi Chipset adalah sebuah perangkat yang bentuknya berupa chip yang berukuran kecil atau mikro dan di dalamnya terdapat sirkuit. Chipset memiliki keterbatasan karena sifat dari chipset ini adalah Read Only Memory. Perangkat ini hanya bekerja sesuai data yang dikirim ke dalamnya.Chipset ini terus mengalami perkembangan. Kalau dari sisi ukuran mungkin tidak terlalu signifikan perubahannya. Tetapi chipset lebih mengalami perkembangan dari sisi peningkatan kecepatan.Karena chipset ini merupakan penyedia akses antara prosesor dan area komputer (hardware) lainnya, sehingga kecepatan sangat berperan penting untuk memaksimalkan fungsi dari chipset ini.

Apa Itu Prosesor ?

Prosesor atau CPU adalah perangkat chipset yang sudah dikembangkan sehingga memungkinkan bisa digunakan untuk menerima, mengolah, dan mengirim data. Maka dari itu dinamanya Processing, atau lebih lengkapnya Central Processing Unit (CPU). Karena di dalam CPU sudah bisa memproses berbagai data.CPU ini dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Kalau kita lihat beberapa puluh tahun yang lalu, CPU yang ada di komputer memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu juga membutuhkan daya yang tinggi sehingga membuat konsumsi daya komputer secara keseluruhan menjadi besar bebannya.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.