17 Juli 2023 4:04 pm

Apa Itu Google Sheet dan Apa Fungsi nya? - Rimas Laptop Kelapa Gading

Apa Itu Google Sheet dan Apa Fungsi nya? - Rimas Laptop Kelapa Gading

Apa itu Google Sheet ?

Google Sheet merupakan program spreadsheet berbasis web (bagian dari G Suite) yang dimiliki oleh Google. Program ini mulai dikembangkan pada 9 Maret 2006 menggunakan bahasa pemrograman JavaScript oleh Google Labs Spreadsheets. Sebelumnya, Google Sheets berasal dari XL2Web yang dikembangkan oleh 2Web Technologies yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2006.Google Sheets dan semua jenis program G Suite lainnya juga dapat diakses melalui beragam browser seperti Microsoft Edge Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Apple Safari, dan lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses Google Sheets dari beragam perangkat seperti aplikasi mobile Android, iOS, dan desktop di Chrome OS. Selain integrasi dengan Google Drive, Google Sheets juga dapat di akses melalui Dropbox (Third-party).Pada tahun 2010, Google juga mengakuisisi beberapa program kolaboratif  sehingga dapat saling terintegrasi pada semua pemegang akun Google. Dengan itu, Google Sheets menjadi sebuah program yang terintegrasi satu dengan yang lain dan dapat digunakan untuk berkolaborasi dalam mengerjakan project/ tugas. Pengguna juga dimudahkan dalam membuka dokumen meskipun menggunakan program spreadsheet yang berbeda. Ketika bekerja menggunakan Google Sheets, pengguna dapat mengunduh format file yang support dengan Microsoft Excel.

-

Fungsi Google Sheets

Digunakan untuk mengolah data

Google Sheets memiliki fungsi sama dengan Microsoft Excel yang mana dapat digunakan untuk mengolah data, mengurutkan data, serta memanipulasi data dalam bentuk tabel. Dalam perusahaan, Google Sheets dapat digunakan untuk mengolah data seperti laporan penjualan, laporan keuangan, laporan piutang, dan sejenisnya. Meskipun sebagian telah tergantikan dengan program, namun program spreadsheet seperti Google Sheets masih tetap menjadi pilihan.Perbedaan mendasar antara Google Sheets dan Microsoft Excel hanya pada basis penyimpanan yang digunakan. Google Sheets lebih fokus pada integrasi penyimpanan online, sedangkan Microsoft Excel lebih banyak digunakan secara offline.

2. Melakukan perhitungan angka / kalkulasi matematis

Selain mengolah data, Google Sheets juga dapat digunakan untuk melakukan perhitungan matematis seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, rata-rata, dan lain sebagainya. Dalam membuat laporan keuangan, tentunya perhitungan semacam itu sangat penting.

3. Membuat Grafik dan Diagram

Manfaat lain dari Google Sheets adalah pengguna dapat membuat grafik ataupun diagram dari data yang telah dibuat. Fungsi ini akan sangat berguna ketika melakukan analisis pada harga dan keuntungan suatu perusahaan selama beberapa periode. Atau bisa juga digunakan untuk penelitian pada berbagai bidang pendidikan sehingga dapat diambil suatu kesimpulan.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.