27 Juni 2023 2:06 pm

6 Penyebab Engsel Laptop Rusak - Rimas Laptop Jakarta

6 Penyebab Engsel Laptop Rusak - Rimas Laptop Jakarta

1. Membuka Laptop Dari Sudut Ujung Layar

Penyebab utama yang menjadikan engsel laptop rusak adalah cara membuka laptop yang salah yaitu membuka melalui sudut ujung layar. Umumnya, pemilik laptop tanpa sadar membuka laptop dari sudut ujung layar laptop. Hal tersebut merupakan cara yang salah apalagi jika sudah menjadi kebiasaan.Membuka laptop dari sudut ujung layar membuat tumpuan dari layar yang biasanya tipis menjadi berat sebelah. Salah satu engsel akan memiliki beban yang berbeda dan berat sebelah ketika membuka laptop dengan cara tersebut.Cara membuka laptop yang baik dan benar adalah dengan cara membukanya dari bagian tengah layar laptop. Dan membukanya secara perlahan dan hati-hati.

2. Menutup Layar Terlalu Keras

Tak sedikit pemilik laptop yang menutup layar laptop terlalu keras. Bahkan hingga menimbulkan bunyi pada engsel maupun layar. Hal tersebut merupakan kebiasaan yang salah karena dapat membuat komponen layar pecah dan lama-lama akan rusak.Apalagi jika ada benda yang masih berada di atas keyboard laptop. Tentu nantinya jika layar laptop ditutup dengan keras akan membuat layar lecet dan memungkinkan untuk rusak. Bagian pada engsel laptop juga akan terkena dampaknya.Cara yang baik adalah dengan menutup layar laptop secara perlahan. Dan memastikan tidak adanya benda yang akan terselip ketika layar laptop akan ditutup.

3. Membuka Layar Terlalu Lebar

Penyebab selanjutnya engsel laptop rusak adalah membuka layar laptop terlalu lebar. Tiap engsel laptop memiliki batas, sehingga Anda wajib berhati-hati dalam membuka laptop.Banyak orang membuka laptop yang melebihi batas sehingga engsel laptop rusak. Untuk mengatasi hal tersebut adalah Anda perlu mengganti engsel laptop jika memang engsel sudah rusak atau patah.

4. Laptop Terbanting

Laptop terbanting juga dapat menyebabkan bagian engsel rusak. Ketika laptop terbanting dan mengenai bagian engsel, engsel akan patah atau pecah. Apalagi terbanding dengan sangat keras. Bukan hanya engsel yang rusak namun juga komponen lain seperti layar dan juga HDD terkena akibatnya.Jika sudah terbanting maka Anda perlu mengganti komponen-komponen yang rusak. Berhati-hatilah dalam meletakan maupun menyimpan laptop agar tidak terbanting.Hindari menyimpan laptop yang terjangkau anak-anak karena dapat membuat laptop jatuh dan terbanting. Simpanlah ditempat yang aman dan tidak panas agar laptop Anda awet.

5. Laptop Tertimpa Benda Berat

Ketika laptop tertimpa benda berat maka yang terjadi adalah laptop akan memaksa engsel laptop untuk bertahan sehingga dapat menyebabkan engsel pada laptop pecah. Biasanya terjadi ketika laptop tertimpa dengan banyak buku.Hal lain yang bisa menyebabkan hal tersebut juga bisa terjadi ketika membawa laptop menggunakan tas ransel dimana laptop akan berhimpitan dengan banyak buku.Perhatikanlah laptop Anda dan berhati-hatilah ketika membawanya agar laptop tetap baik dan awet.

6. Membuka atau Menutup Laptop Dalam Waktu yang Lama

Engsel laptop yang berbahan baja, maka memiliki kemungkinan untuk terjadinya korosi. Korosi tersebut dapat terjadi karena oksidasi atau pengikatan oksigen pada engsel laptop sehingga engsel menjadi berkarat dan akan sulit untuk digerakan atau seret.Untuk menghindari hal tersebut, setidaknya jangan lupa untuk membuka laptop Anda maupun menutup laptop sehari sekali entah itu untuk digunakan ataupun hanya sekedar untuk dibersihkan.Membuka atau menutup laptop dalam waktu yang lama biasanya terjadi pada pekerja kantor maupun pekerjaan freelance yang sering lupa untuk menutupnya kembali ketika sudah digunakan.Itulah beberapa penyebab engsel laptop rusak. Engsel rusak merupakan salah satu kerusakan hardware yang bisa diperbaiki oleh siapapun. Namun, untuk memperbaikinya harus teliti dan hati-hati agar tidak merusak komponen lain dan menambah kerusakan semakin parah.Jika memang tidak memungkinkan untuk diperbaiki sendiri, serahkan saja kepada teknisi laptop.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.