27 Juni 2023 1:01 pm

Mengenal Sistem Operasi Linux - RIMAS LAPTOP BEKASI

Mengenal Sistem Operasi Linux - RIMAS LAPTOP BEKASI
Linux adalah sebuah sistem operasi komputer yang bisa dijalankan untuk berbagai alat komunikasi seperti handphone, laptop, hingga komputer.

Pada komputer, Linux bisa dijadikan sistem operasi seperti Windows. Namun, kebanyakan Linux digunakan pada server.

Sebanyak 90 persen internet didukung oleh server Linux. Sedangkan 80 persen OS yang berjalan di smartphone seluruh dunia, dibuat oleh kernel Linux.

APA ITU LINUX?


Linux adalah salah satu sistem operasi bersifat open source (bebas diguna-kembangkan) dan gratis yang ditemukan oleh Linus Torvalds.
Untuk apa Linux digunakan? Tentu saja untuk menjalankan server web dan jaringan data, komputer dan smartphone, router nirkabel, dan banyak lagi.
Peran Linux ini sama saja seperti sistem operasi lainnya seperti Windows OS, Mac OS, iOS, dan Android yakni untuk menjalankan server web.
Lantas, apa bedanya Windows dan Linux? Linux biasanya dimanfaatkan dalam pengembangan perangkat, sementara Windows dan iOS biasanya hanya digunakan untuk user.

FUNGSI LINUX


Seperti sudah dijelaskan di atas, fungsi Linux sama saja seperti sistem operasi lain. Hanya saja, Linux biasanya lebih dimanfaatkan untuk pengembangan perangkat.
Hal ini karena Linux memiliki satu kelebihan yang bersifat open source sehingga bisa digunakan, dikembangkan, dan disebarluaskan kodenya secara gratis oleh semua orang.
Sistem operasi Linux juga banyak digunakan dalam pembuatan infrastruktur jaringan internet, keamanan, mesin industri, sampai IT.

Linux sangat berguna bagi para pengembang di dunia industri. Tanpa Linux, pengembang tidak akan bisa mengembangkan perangkat, alat, atau apapun itu sesuai dengan perkembangan zaman.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.