9 Oktober 2023 10:21 am

Penyebab dan Cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi - Rimas Laptop Kelapa Gading

Penyebab dan Cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi - Rimas Laptop Kelapa Gading
Touchpad merupakan papan sentuh pada laptop yang memiliki kesamaan fungsi seperti mouse untuk menjalankan kursor. Adanya touchpad ini tentunya memiliki banyak sekali manfaat yang diberikan; salah satu di antaranya yakni mempermudah pengoperasian laptop tanpa menggunakan mouse eksternal. Ini juga akan membuat Anda lebih mudah mengerjakan sesuatu dalam kondisi apa pun. Mengingat Anda tidak perlu memikirkan alas seperti menggunakan mouse supaya bisa digunakan.

Penyebab touchpad laptop tidak berfungsi

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan touchpad laptop menjadi tidak berfungsi dengan baik. Kendala ini sering kali terjadi ketika salah satu komponennya bermasalah, entah mungkin kabel touchpad lepas atau usia pakai yang terlampau lama. Namun tidak semua pengguna laptop mengalami hal serupa, mungkin saja ini diakibatkan oleh driver atau faktor internal lainnya.
  • File sistem bermasalah – Jika sistem pada perangkat Anda sedang mengalami kendala error, maka tidak mengherankan jika beberapa komponen di dalamnya juga ikut terkena dampaknya. Pasalnya sistem juga berpengaruh pada kinerja program serta layanannya. Ini biasanya terjadi ketika pembaruan tidak terinstall dengan benar.
  • Touchpad ter-disable – Mungkin saja jika permasalahan touchpad yang tidak berfungsi ini disebabkan oleh penggunanya. Karena tidak jarang pengguna laptop sering kali mematikan touchpad untuk keperluan tertentu.
  • Kabel touchpad tidak terpasang dengan benar – Kondisi yang saya alami ketika touchpad tidak berfungsi ini ditimbulkan karena kabel tidak terpasang dengan benar pada motherboard. Untuk memastikannya, Anda harus membongkar laptop terlebih dahulu.
  • Lamanya masa pakai – Jika Anda telah menggunakan touchpad lebih dari 4 tahun, maka ada kemungkinan Touchpad mengalami gagal fungsi, seperti kursor bergerak sendiri atau mengalami double-click.
  • Tablet mode aktif – Aktifnya mode tablet ini akan menimbulkan beberapa perubahan pada tampilan laptop yang tidak Anda sadari; mulai dari tampilan menjadi full screen, tidak ada ikon pada Taskbar, hingga tergantinya fungsi touchpad / mouse dengan layar sentuh.
  • Driver tidak ter-update – Driver yang usang / rusak juga bisa menjadi pemicu kinerja touchpad kurang optimal. Maka dari itu, disarankan untuk re-install driver yang lebih baru untuk memperbaikinya.

Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi

Terdapat beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi dengan benar; mulailah dengan memastikan setelan touchpad sudah diatur dengan benar, menginstall ulang driver, hingga menggunakan mouse eksternal. Langsung saja simak dan ikuti tips sederhana berikut ini.

1. Restart laptop Anda

Langkah pertama untuk memastikan bahwa touchpad bermasalah atau tidak adalah dengan me-restart PC / Laptop Anda. Terkadang hanya dengan melakukan restart, bisa memperbaiki kesalahan error yang diakibatkan oleh service sistem yang crash atau tidak berjalan. Jika dengan memuat ulang sistem tidak bisa memperbaiki kesalahan, Anda bisa lanjut ke metode berikutnya.

2. Pastikan kondisi touchpad aktif

Selanjutnya adalah memastikan bahwa kondisi touchpad laptop telah aktif. Karena terkadang pengguna laptop sering kali lupa jika ia telah menonaktifkan Touchpad, baik sengaja atau tidak disengaja. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikannya, yaitu Anda bisa mengaktifkan touchpad melalui menu Settings Windows 10 atau menggunakan shortcut keyboard yang tersedia pada setiap merek laptop.

3. Coba periksa driver touchpad

Jika dengan cara sebelumnya masih tidak memberikan hasil, langkah berikutnya adalah memeriksa kondisi driver touchpad. Meskipun kesalahan pada driver sangat jarang terjadi, akan tetapi tidak bisa dipungkiri jika kendala touchpad yang tidak berfungsi ini bisa disebabkan karena bugs atau driver yang telah usang.

4. Nonaktifkan tablet mode

Cara berikutnya adalah memastikan bahwa laptop tidak dalam tablet mode. Ini merupakan fitur opsional yang biasa dipakai oleh pengguna Windows untuk mengoperasikan laptop menggunakan layar sentuh (bagi laptop yang mendukung touchscreen). Jika fitur ini dalam keadaan aktif, maka tidak menutup kemungkinan touchpad pada laptop Anda menjadi tidak berfungsi karena dialihkan ke mode layar sentuh. Berikut cara menonaktifkannya.
  1. Pertama, akses Settings pada Taskbar Windows 10.
  2. Lalu masuk ke menu System » cari dan klik tab Tablet.
  3. Jika sudah, klik Change additional tablet settings » geser toggle “Tablet mode” On menjadi Off.

Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.