18 April 2023 7:54 am

Pengertian Operating System (Cara Kerja, Fungsi, dan Contoh)

Pengertian Operating System (Cara Kerja, Fungsi, dan Contoh)
Pengertian operating system - Jika kita berbicara tentang sebuah komputer, tentunya kita sering mendengar kata operating system atau sistem operasi. Operating system merupakan sesuatu yang perlu dipelajari sebagai informasi dasar tentang teknologi informasi terutama bagi yang sering menggunakan komputer. Nah apa itu operating system? Seperti apa arti dari operating system? Tentunya teman-teman ada yang sudah mengerti tentang apa yang dimaksud operating system, namun bagi yang belum mengerti tentang apa yang dimaksud dengan operating system, bisa mempelajarinya di sini. Di sini selain kami jelaskan tentang definisi operating system, juga kami jelaskan tentang cara kerja operating system, fungsi operating system dan juga contoh operating system.

-

Cara Kerja Operating System

Cara kerja operating system adalah sebagai berikut:

Pengertian Operating System
Pengertian Operating System

Sebenarnya operating system merupakan penghubung antara hardware dan software. Ketika komputer dinyalakan pertama kalinya, maka kita akan tahu bahwa yang sedang berjalan ialah sistem operasi dan setelah komputer menyala, barulah aplikasi atau program dapat berjalan. Intinya operting system atau sistem operasi adalah sistem yang berada pada lapisan pertama di mana memori harddisk di letakkan.

Fungsi Operating System


Fungsi operating system adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk menjalankan operasi dasar pada komputer.
  • Untuk mengatur kerja hardware dan juga software.
  • Untuk menyajikan tampilan.
  • Sebagai wadah aplikasi atau program.
  • Untuk mengkoordinasi kerja perangkat komputer.
  • Untuk mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program.
  • Untuk mengoptimalkan fungsi perangkat komputer.

Contoh operating system


Contoh operating system adalah PC- DOS (Personal Computer Disk Operating System), MS- DOS (Microsoft Disk Operating System), Microsoft Windows (Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows Vista, Windows Xp, Windows 7 dan Windows 8), Linux, Unix, MAC OS (Macintosh Operating Sistem), IBM OS/2, Free BSD, Chrome OS, Solaris dan lain-lain.Demikian apa yang dapat kami tuliskan tentang pengertian operating system. Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Blog Post Lainnya
Penyebab Laptop Kalian Blue Screen dan Ini Cara Mengatasinya! - Rimas Laptop Kelapa Gading. . Apa Itu Blue Screen ? Blue screen adalah bentuk permasalahan yang paling sering muncul bagi setiap pengguna Windows.Permasalahan ini bisa menyerang PC maupun laptop tak terkecuali.Penyebab blue screen sendiri cukup bervariasi dan lebih sering karena adanya kebiasaan yang kurang baik dalam menggunakan PC atau laptop. Permasalahan yang juga dikenal dengan BSOD atau Blue Screen of Death ini biasanya menimbulkan efek berupa kondisi Windows hanya akan menampilkan warna biru saja pada layar. . Penyebab Layar Kalian Tiba Tiba Blue Screen ? Laptop blue screen biasanya muncul ketika sistem operasi Windows mengalami kesalahan kritis yang tidak dapat dipulihkan.Penyebab laptop blue screen biasanya berkaitan dengan perangkat keras, atau perangkat lunak. Bagaimana pun juga, ketika blue screen muncul, Anda tidak bisa menyelamatkan tugas-tugas yang belum Anda simpan. Perangkat Anda tidak akan punya waktu untuk menyimpannya nanti.Blue screen terjadi ketika Windows menemukan "STOP Error."
5 Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis! - RImas Laptop Kelapa Gading. . Desain grafis merupakan pekerjaan dan disiplin ilmu yang bertugas untuk memproyeksikan komunikasi visual dengan pesan tertentu pada suatu kelompok. Mereka yang bekerja di bidang ini menggunakan berbagai elemen visual seperti ilustrasi, fotografi, dan tipografi untuk memvisualisasikan pesan yang ingin disampaikan. Untuk mengakomodasi pekerjaan mereka di bidang desain grafis, dibutuhkan laptop yang mumpuni sebagai senjata utama dalam bekerja. Karena itu, dibutuhkan laptop untuk desain grafis dengan spesifikasi terbaik agar proses editing dan render dapat berjalan sempurna. Selain mempertimbangkan dari segi harga, spesifikasi yang terdapat dalam laptop untuk desain grafis perlu diperhatikan agar saat digunakan hasil dari penyuntingan gambar keluar dengan maksimal sesuai kebutuhan. Berikut ini 5 rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis! . . 1. Asus VivoBook S13 S333. . Laptop untuk desain grafis yang pertama adalah Asus VivoBook S13 S333. Laptop ini memiliki 2 variasi warna, yaitu
@2024 Rimaslaptop Inc.