17 Juni 2024 4:59 pm

PENGERTIAN KEYBOARD, SEJARAH, DAN JENIS-JENISNYA - Rimas Laptop Bintaro

PENGERTIAN KEYBOARD, SEJARAH, DAN JENIS-JENISNYA - Rimas Laptop Bintaro
Keyboard adalah fitur yang sudah sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di komputer maupun ponsel. Namun, apa kamu sudah memahami pengertian keyboard?

Keyboard atau Papan Ketik merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alfabet dari A Sampai Z untuk mengetikkan suatu kalimat, angka 1 – 0 dan simbol-simbol khusus lainnya. Simak pembahasan selengkapnya mengenai keyboard di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Keyboard?

Keyboard adalah alat input komputer yang digunakan untuk mengetik informasi dan instruksi perintah. Keyboard terdiri dari susunan angka, huruf A-Z, dan simbol-simbol kontrol khusus.

Fungsi keyboard secara umum pada komputer, yaitu untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang diketikkan, lalu menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit) dan selanjutnya perintah tersebut diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang dapat dimengerti processor.

Keyboard juga membantu pengguna komputer dalam mengontrol pekerjaan secara efisien, dengan mempelajari beberapa perintah dan tombol instruksi.

Pada umumnya keyboard tersedia dalam 2 port yang ada pada komputer yaitu PS2 dan USB. Namun, seiring berkembangnya teknologi, keyboard dikembangkan menjadi tanpa kabel (wireless).

Sejarah Keyboard


Keyboard diciptakan dengan adanya ilham dari mesin ketik rancangan Christopher Latham pada tahun 1868. Saat itu, mesin ketiknya dipasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan Remington.

Keyboard pertama dibuat sesuai dari kartu pelubang atau punch card dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Lalu pada tahun 1946 komputer ENIAC memakai pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) ini menjadi alat input dan output.

Dalam penggunaan sehari-hari, keyboard dipakai untuk menginput teks dan angka ke dalam software pengolah data, teks atau program lainnya.

Di komputer yang sudah modern, keyboard juga bisa digunakan untuk bermain game, yang dapat dilakukan dengan beberapa kombinasi dari tombol tombol.

Jenis Keyboard
Berikut ini adalah beberapa jenis keyboard dari masa ke masa yang rupanya beragam.

1. Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY dibuat oleh Sholes dan Dunsmore pada tahun 1860. Papan ketik ini adalah hasil inspirasi dari mesin tik. Pada awalnya, mereka membuat keyboard dengan papan ketik yang sesuai urutan abjad, ABCD.

Namun, karena terdapat masalah, seperti pengerjaan yang menjadi terhambat karena macetnya papan ketik, mereka berpikir untuk menemukan letak posisi huruf yang sesuai.
Akhirnya mereka membuat desain keyboard yang baru, menjadi 4 baris seperti yang banyak dipakai sekarang.

2. Keyboard DVORAK

Di tahun 1936, ada penemuan desain keyboard yang dibuat August Dvorak. Keyboard ini terasa lebih rumit sebab user komputer sudah terbiasa memakai keyboard QWERTY.

3. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard Klockenberg memiliki keunikan dengan memisahkan bagian kanan dan kiri dengan sudut 15 derajat dan dibuat dengan miring ke bawah.

Tujuan keyboard ini adalah untuk mengurangi bebat otot yang ada pada jari jemari dan pergelangan tangan user. Terutama pada saat mengetik dengan durasi waktu yang lama.

Namun dengan adanya pemisah itu, menjadikan keyboard ini harus membutuhkan tempat yang luas dibanding keyboard lain.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.