22 Mei 2023 1:18 pm

PENGERTIAN, JENIS MOTHERBOARD BESERTA FUNGSINYA ! - RIMAS LAPTOP KELAPA GADING

PENGERTIAN, JENIS MOTHERBOARD BESERTA  FUNGSINYA ! - RIMAS LAPTOP KELAPA GADING

Apa Itu Motherboard?

Pada dasarnya, motherboard adalah papan sirkuit yang ada di dalam sebuah casing komputer dimana semua komponen komputer terhubung. Motherboard menyediakan konektivitas antara komponen perangkat keras komputer, seperti prosesor (CPU), memori (RAM), hard drive, dan kartu video. Lebih tepatnya, motherboard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai “tulang punggung” atau “ibu” yang menyatukan semua bagian.

Umumnya, motherboard dilengkapi dengan beberapa konektivitas interface input/output yang terletak pada panel input/output di belakang perangkat tersebut.Interface paling umum pada motherboard adalah port USB. Umumnya, motherboard memiliki beberapa port USB karena banyaknya jenis konektivitas USB yang ada.

Fungsi Motherboard

Tujuan utama dari motherboard adalah untuk memindahkan daya dan menyediakan tempat di mana semua komponen dapat berkomunikasi satu sama lain. Nah berikut ini adalah beberapa fungsi lain dari motherboard:
  • Mentransfer data ke semua komponen komputer.
  • Menyediakan tata letak terbaik untuk semua komponen yang ada di komputer.
  • Menghubungkan komponen seperti CPU, RAM, dan video card melalui Hub Komponen.
  • Menyebarkan daya untuk bagian komputer sesuai dengan kebutuhan setiap bagian.
  • Menghubungkan berbagai komponen interface komputer langsung atau tidak langsung. 
  • Mengirimkan traffic data untuk semua bagian komputer sesuai kebutuhan per bagian.
  • Menjadi pusat komunikasi ke seluruh komponen secara langsung maupun tidak.
-

Jenis-Jenis Motherboard

Nah, sekarang saatnya kita mempelajari berbagai ukuran yang motherboard tersedia Golden friends! Umumnya, ada tiga jenis ukuran motherboard:

Standard ATX

Motherboard standard ATX datang dengan dimensi 305x244mm, dimensi ini dapat bervariasi tergantung akan manufacture-nya. Standard ATX menawarkan lebih banyak slot ekspansi: 4 slot RAM, 2 slot PCIe, USB port, dan port lainnya untuk konektivitas yang lebih fleksibel.Ukuran motherboard ini sangat cocok digunakan jika Anda menginginkan lebih banyak slot ekspansi dan port penghubung untuk menangani beban kerja lebih beratMotherboard standard ATX hanya cocok untuk casing yang mendukung motherboard full ATX atau Extended ATX.

Micro ATX

Motherboard Micro ATX memiliki dimensi 244×244 dan datang dengan port dan slot yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan papan ATX Standar. Motherboard jenis ini lebih cocok untuk mereka yang tidak ingin banyak konektivitas dan upgrade nanti seperti menambahkan lebih banyak ram dan tambahan. Papan ini dapat memuat casing apa pun yang memiliki cukup ruang dan casing yang lebih besar dari motherboard ATX Standar dan ATX EXTENDED.

eXtended ATX

Motherboard ini memiliki dimensi 344×330 mm. eXtended ATX dirancang untuk dual CPU, konfigurasi tunggal, sampai 8 slot ram.eXtended ini memiliki lebih banyak slot PCIe dan PCI untuk menambahkan kartu PCI untuk tujuan yang berbeda seperti workstation dan server. Beberapa motherboard EATX juga dirancang untuk komputasi desktop, dan ada ruang yang cukup untuk mendinginkan dan memasang periferal.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.