10 Juli 2023 10:40 am

Pengertian, Jenis-Jenis Malware pada Laptop ! - rimas laptop kelapa gading

Pengertian, Jenis-Jenis Malware pada Laptop ! - rimas laptop kelapa gading
Malware adalah kepanjangan dari Malicious Software yang dibuat untuk untuk memasuki dan meretas sistem komputer, server atau jaringan tanpa sepengetahuan pemilik atau pengguna perangkat komputer. Perangkat lunak ini sengaja diciptakan secara khusus untuk bekerja secara ilegal dan tersembunyi untuk merusak perangkat, mengambil data tanpa izin atau mencuri, dan menyebabkan kerusakan pada perangkat lunak.

-

Jenis-Jenis Malware

Setelah mengetahui beberapa dampak buruk akibat malware, kamu juga perlu mengetahui beberapa jenis malware yang patut kamu waspadai. Berikut ini adalah jenis-jenis malware.

1. Virus

Virus merupakan salah satu jenis malware yang bisa menempel pada file atau dokumen di perangkat komputer. Jenis malware satu ini dirancang agar dapat menghilangkan data atau informasi pengguna saat menggunakan dan menggunakan dokumen.

2. Trojan

Trojan merupakan malware yang biasanya melakukan penyamaran pada aplikasi atau software. Jenis malware satu ini akan bekerja aktif ketika ada pengguna yang mengunduh software yang telah diserang oleh trojan, ketika pengguna mulai mengunduh, trojan akan secara cepat menyebar dan mulai mencuri berbagai informasi penting penggunanya.

3. Adware

Salah satu software yang bisa menampilkan iklan secara pop-up ketika pengguna mengklik atau melakukan tindakan tertentu. Namun, adware ini dikategorikan sebagai salah satu jenis malware yang tidak semuanya berbahaya, meski begitu adware mampu merusak sistem software dengan mengirim malware yang biasanya disebut dengan spyware.

4. Worm

Worm ini memiliki keahlian khusus yaitu, bisa menggandakan dirinya sendiri kemudian menyebarkan ke perangkat lunak komputer. Worm ini juga bisa masuk dari jaringan internet atau aplikasi yang diinstall oleh pengguna.

5. Ransomware

Salah satu jenis malware yang cukup berbahaya karena digunakan untuk melakukan cybercriminal, biasanya hackers akan meminta tebusan setelah meretas dan mencuri data pengguna menggunakan Ransomware. Malware ini biasanya dipasang melalui attachment email, website, serta pesan pendek.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.