1 Desember 2023 3:43 pm

Ketahui Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik yang Mengganggu - Rimas Laptop Bintaro

Ketahui Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik yang Mengganggu - Rimas Laptop Bintaro
  • Permasalahan kipas laptop berisik sering kali terjadi bagi sebagian orang dan sangat mengganggu aktivitas. Di mana, suara bising yang awalnya mungkin terasa biasa jika didiamkan secara terus-menerus akan menyebabkan bunyi konstan yang mengganggu. Dengan adanya kondisi kipas laptop berisik yang menghasilkan suara, hal ini menjadi pertanda bahwa laptop yang digunakan sedang tidak baik-baik saja alias kurang bekerja secara baik. Untuk mengatasi kipas laptop berisik yang mengganggu, kamu harus tahu terlebih dahulu sumber dari permasalahan yang ditimbulkan kipas laptop berisik tersebut. Dengan mengetahui sumber masalah tersebut, maka kamu bisa mengikuti sejumlah cara mengatasi kipas laptop berisik secara tepat sehingga tidak akan mengganggu aktivitas saat menggunakan laptop
  • Penyebab Kipas Laptop Menghasilkan Suara Berisik Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa mengatasi kipas laptop berisik harus dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu, tindakan yang dilakukan untuk menghilangkan suara berisik ini bisa dilakukan secara tepat. Nah, penyebab kipas laptop berisik dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Adapun sejumlah faktor penyebab kipas laptop berisik, di antaranya:
  • Kipas yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab munculnya suara berisik karena putaran yang dilakukan harus lebih besar yang menghasilkan suara bising. Kipas bekerja ekstra karena laptop sedang mengakses sistem yang besar. Hal ini biasanya terjadi ketika pengguna sedang melakukan aktivitas berat seperti bermain game, rendering grafik, maupun mengakses program berat lainnya. Di mana, laptop yang menjadi panas membuat baling-baling kipas laptop bekerja lebih ekstra. Oleh karena itu, kamu bisa menghindari untuk akses aplikasi secara berlebihan. Kipas yang mengalami kerusakan karena sudah berumur yang terlalu lama digunakan sehingga membuatnya menghasilkan suara berisik. Jika tidak memungkinkan untuk dibersihkan maupun diperbaiki, maka tidak ada salahnya untuk mengganti dengan yang baru.
  • Mengatasi Kipas Laptop Berisik Ketika kamu berhasil menemukan sumber masalah pada kipas laptop berisik, maka mengatasi permasalahan ini bisa dilakukan lebih mudah dan tepat. Dengan begitu, permasalahan kipas laptop yang menghasilkan suara bising bisa diatasi. Adapun sejumlah cara dalam mengatasi kipas laptop berisik, di antaranya: Memeriksa Suhu Laptop Cara pertama mengatasi kipas laptop berisik adalah dengan mengetahui suhu laptop secara akurat. Di mana, kamu bisa menggunakan aplikasi pengukur suhu seperti RealTemp yang dapat melacak suhu prosesor tanpa harus membongkar laptop. Kamu juga bisa memeriksa hardware beserta kinerja sistem laptop dengan cara membuka Task Manager. Caranya menggunakan shortcut kkeyboard dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Lalu, pilih performa tab saat menu terbuka untuk melihat secara lengkap sumber kondisi prosesor, ruang penyimpanan, serta RAM yang digunakan. Jika suhu laptop mencapai 100%, maka hal ini berarti laptop memerlukan perawatan serta peningkatan hardware dan software. Melakukan Defrag Sistem Secara Rutin Untuk mengatasi kipas laptop berisik yang mengganggu, kamu bisa melakukan defrag laptop. Hal ini karena salah satu penyebab suara bising yaitu beban kerja prosesor terlalu berat sehingga kinerja kipas bisa diturunkan. Setidaknya kamu bisa melakukan defrag sistem secara rutin dalam sebulan sekali atau lebih sebagai langkah menjaga performa laptop untuk menghasilkan kinerja secara optimal. Men-defrag sistem laptop secara rutin sebulan sekali atau lebih bisa memelihara performa laptop sehingga bisa bekerja dengan optimal. Selain itu, cara ini dapat memberikan penyegaran untuk HDD dan RAM yang digunakan laptop. Membongkar Laptop Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bunyi dari kipas laptop berisik adalah dengan membongkar laptop. Di mana, cara ini dilakukan untuk membersihkan debu maupun kotoran menempel di baling-baling kipas laptop. Saat kipas laptop kotor yang disebabkan oleh debu, maka kinerja laptop menjadi berat. Kamu bisa membersihkan kipasnya dari debu secara langsung menggunakan kain bersih. Bersihkan bagian lubang ventilasi laptop. Dengan membersihkannya secara rutin, maka debu dan kotoran yang bakal mengendap di kipas bisa dihindari. Dengan mengetahui sumber masalah dan coba mengatasi permasalahan kipas laptop berisik terlebih dahulu, tentunya kamu tidak perlu repot-repot membawanya ke tempat servis. Namun, ada baiknya kamu mengetahui langkah-langkah tepat untuk melakukan sejumlah cara tersebut. Hal ini untuk menghindari kerusakan lainnya karena salah membuka maupun membersihkan kipas laptop.
-aql
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.