23 Oktober 2023 8:21 am

Ciri-Ciri Windows Bajakan dan Cara Mengeceknya! - Rimas Laptop Bekasi

Ciri-Ciri Windows Bajakan dan Cara Mengeceknya! - Rimas Laptop Bekasi
Setiap produk seringkali akan selalu ada produk bajakannya. Hal ini juga berlaku untuk operating systems Windows. Saking miripnya Windows bajakan tersebut, beberapa orang tidak tahu apa ciri-ciri Windows bajakan yang membedakannya dengan Windows asli.Anda mungkin bisa menggunakan Windows bajakan dengan harga yang lebih murah daripada Windows asli. Namun jika Anda menggunakan produk Windows asli, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Salah satunya adalah terhindar dari virus dan bug.

Ciri-Ciri Windows Bajakan

Lalu sebenarnya apa saja ciri-ciri Windows bajakan yang membedakannya dengan yang asli? Mari simak penjelasan di bawah ini dengan saksama!

1. Update 

Windows asli akan mendapatkan pemberitahuan update terbaru dari Microsoft, baik update berupa security maupun update fitur. Sementara pada Windows bajakan, tidak ada pemberitahuan update terbaru dari Microsoft secara otomatis.Beberapa produk Windows bajakan mungkin masih bisa mendapatkan update dari Microsoft. Akan tetapi hal ini sangat berbahaya apabila diketahui oleh pihak Microsoft.

2. Notifikasi

Jika Anda menggunakan Windows bajakan, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan notifikasi peringatan di sudut kanan bawah desktop. Notifikasi tersebut biasanya berbunyi, “Activate Windows: Go to Settings to Activate Windows”.Peringatan tersebut berarti bahwa pengguna diharapkan untuk mengaktifkan Windows dengan pergi ke menu ‘Settings’. Hal ini terjadi jika Windows bajakan dikenali sebagai Windows palsu oleh server Microsoft.
Sebenarnya pengguna Windows asli juga bisa mendapatkan notifikasi peringatan yang serupa, yaitu ketika Windows belum diaktifkan. Jadi, pengguna cukup mengikuti saja arahan dari notifikasi yang muncul tersebut.Akan tetapi jika pada kenyataannya Windows telah diaktifkan lalu peringatan tersebut muncul, artinya Windows yang Anda gunakan adalah Windows bajakan atau Windows palsu.

3. Support

Jika Anda menggunakan Windows asli, maka Anda berhak mendapatkan support dari Microsoft atau pabrikan komputer. Anda dapat menghubungi support tersebut melalui telepon atau email. Namun ini sangat tergantung pada jenis lisensi Windows yang dimiliki.Sementara itu, Windows bajakan tidak dapat mengakses support dari Microsoft atau pabrikan komputer. Padahal support itu sangat berguna ketika Anda memiliki masalah dalam menginstal Windows atau ketika Windows Anda memunculkan error.

4. Settings Function

Pada Windows bajakan, terdapat opsi dalam setting function yang berwarna abu-abu sehingga tidak dapat digunakan. Padahal di Windows, opsi ini cukup penting. Ada banyak fungsi di dalamnya yang akan memainkan peran baik dalam meningkatkan pengalaman pengguna.Salah satu fungsi yang tidak bisa digunakan dalam Windows bajakan adalah fungsi personalization. Fungsi ini terdiri dari pengaturan tema, background, akun, suara, waktu, dan bahasa.Lalu fungsi lain yang juga tidak kalah penting namun tidak ada di Windows bajakan adalah fungsi untuk meng-update sistem dan keamanannya. Jadi, pengguna Windows bajakan biasanya akan kesulitan dalam memperbarui sistem.

Cara Memeriksa Windows Asli Atau Bajakan

Saat Anda menemui ciri-ciri Windows bajakan pada milik Anda, terkadang muncul keraguan sehingga Anda ingin memeriksanya. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan melalui ‘Control Panel’. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Klik ‘Control Panel’
  • Pilih ‘System and Security’
  • Terakhir, klik ‘System’
  • Lalu cek pada bagian windows specification, maka Anda akan dapat melihat detail dari windows tersebut asli atau bajakan.

Windows bajakan memang murah dan bahkan ada yang gratis. Namun pada akhirnya itu tetaplah bajakan dan tentu akan memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan yang asli. Maka dari itu, pastikan dengan langkah-langkah yang ada diatas bahwa windows yang anda gunakan adalah original. Semoga bermanfaat!
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.