1 Mei 2023 12:48 pm

Apa Perbedaan GPU Nvidia GTX dan GPU Nvidia RTX ? - RImas Laptop Kelapa Gading

Apa Perbedaan GPU Nvidia GTX dan GPU Nvidia RTX ? - RImas Laptop Kelapa Gading

Sebelum Jauh Membahas Perbedaan nya, Mimin Jelasin dulu Pengertian nya nih!


Apa Itu GTX?
GTX adalah singkatan dari Giga Texel Shader eXtreme dan merupakan varian kelas bawah dari seri GeForce yang dimiliki oleh Nvidia.Pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 dengan seri GTX 260 yang memiliki kecepatan clock dasar 576 MHz, memori 896 MB, dan dibangun di atas arsitektur 65 nm. Seri GTX bisa dikatakan sebagai versi standar dan banyak dipakai di banyak PC gaming murah saat ini.

Perbedaan GTX dan RTX
Perbedaan GTX dan RTX

Apa Itu RTX?

RTX adalah singkatan dari Ray Tracing Texel eXtreme. Seri ini diluncurkan pada 2018 dengan model 2060, 2070, dan 2080.Seri RTX dirancang khusus untuk merender cahaya dalam game, yang meningkatkan kualitas pencahayaan dan bayangan sehingga tampilan video nampak lebih tajam. Hal ini berkat teknik Ray tracing yang mensimulasikan sinar cahaya secara individu.

Perbedaan GTX dan RTX
Perbedaan GTX dan RTX
1. Perbedaan NVIDIA RTX dan GTX yang pertama ada pada arsitektur atau teknologinya.
Pada RTX sendiri menggunakan teknologi arsitektur Turing, dimana teknologi ini sendiri menggunakan teknologi GPU tercanggih yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan begitu RTX ini akan sangat cocok untuk digunakan oleh para conten creator dan para gemers. Selain itu dilengkapi dengan teknologi AI beserta pelacakan sinar yang akan membuat gradasi lebih terkesan nyata pada saat memainkan game. RTX juga memungkinkan untuk pengembangan game dengan efek Ray Tracing. Dengan menggunakan teknologi Turing juga membuat RTX lebih cepat dalam rendering efek cahaya dibandingkan dengan GTX superkomputer.

2. Performa
Performa dari RTX diklaim lima kali lebih baik dibandingkan GTX. Hal tersebut salah satunya dilihat dari rendering cahaya RTX yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu, bagi Anda pecinta game, saat ini akan disuguhkan dengan game PC terbaik dengan settingan grafis yang super canggih.

3. Perbedaan Fitur
Walaupun RTX merupakan turunan dari GTX namun ada banyak fitur yang jauh lebih canggih di dalamnya. Adapun fitur terbaru yang diselipkan dalam NVIDIA RTX. Diantaranya seperti RT Cores, dimana fitur ini merupakan komponen dari hardware yang dilengkapi dengan ray tracing. RT Cores akan cepat dalam melacak cahaya dan menampilkan bayangan, iluminasi dan refleksi cahaya yang lebih akurat.

4. Kualitas Grafis
Perbedaan yang tampak selanjutnya antara NVIDIA RTX dan GTX ada pada kualitas grafis yang dapat dinikmati oleh para conten creator ataupun gamers. Sejak diluncurkan pada tahun 2018 lalu, RTX dengan Ray Tracing akan membuat gambar visual menjadi terlihat semakin tajam, nyata, dramastis dan juga sempurna. Pantulan objek yang ada dari layar kaca akan semakin jelas seperti aslinya.Inilah mengapa RTX masih menjadi standar baru bagi dunia grafis khususnya game di masa depan. Sebelum menggunakan Ray Tracing proses rendering cahaya maupun bayangan dari gambar menggunakan teknologi 3D konvensiaonal. Dimana teknologi tersebut masih mengandalkan mesh sepertiga antara piksel dalam setiap gambar yang akan mensimulasikan efek serta objek virtual yang ada di dekatnya.Ray racing awalnya hanya digunakan pada industri film animasi saja Namun saat ini dengan RTX, NVIDIA berani untuk mengembangkannya dan berhasil mendominasi pasar grafis sampai saat ini.
Blog Post Lainnya
@2024 Rimaslaptop Inc.